Jumat, 30 Juli 2010

Yes We Can Do 5S

5S adalah suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari Jepang yang digunakan oleh management dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi belajar sekaligus meningkatan kinerja sekolah secara menyeluruh .

Isi dari 5S antara lain :

  1. 整理 (seiri), Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas belajar.
  2. 整頓 (seiton), Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.
  3. 清楚 (seiso), Resik, merupakan kegiatan mempersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.
  4. 清潔 (seiketsu), Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi ketiga tahap sebelumnya.
  5. 躾け (shitsuke), Rajin, yaitu pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahap 5S.

Penerapan 5S harus dilaksanakan secara bertahap sesuai urutannya. Jika tahap pertama (seiri) tidak dilakukan dengan baik, maka tahap berikutnya pun tidak akan dapat dijalankan secara maksimal, dan seterusnya.


Nah, hal ini sebenarnya bisa kita terapkan di sekolah kita SMAN 8 Pekanbaru. Karena, Penerapan 5S merupakan cara agar terciptanya suasana belajar yang kondusif.

Nah,sekedar saran nih buat SMAN 8 , ayo dong terapin 5S di sekolah kita :)

0 comment:

Posting Komentar

komen dulu hayuu !